Powered by Blogger.

Mengatasi Bootloop pada Android

Posted by Mr.Oprex

Buat para pengguna gadget Android, pasti tidak asing dengan namanya Bootloop. Apakah Bootloop itu ?


Perlu saya jelaskan terlebih dahulu tentang Bootloop, bootloop merupakan salah satu error pada Android dimana ketika gadget dinyalakan/direstart, maka hanya akan keluar logo Android saja di layar gadget sehingga Android gagal start up. Bootloop dapat disebabkan oleh beberapa faktor misalnya file system damage/rusak setelah install app tertentu, ada file system yang kehapus, karena prosedur install custom rom yang kurang tepat, namun factor yang paling banyak mempengaruhi terjadinya bootloop pada ponsel android adalah karena ponsel android telah di upgrade ke OS yang lebih tinggi.

Ciri - ciri jika android anda mengalami bootloop :

  •  Bila handphone Android dapat dinyalakan, namun tidak mau merespon input dari pengguna, misalnya layar Android tidak mau disentuh atau tidak dapat masuk ke menu telepon / tablet.
  • Bila handphone Android tidak dapat start atau hanya berhenti di logo saja (biasa disebut boot loop Android). Hal ini boleh disebabkan oleh beberapa hal, misalnya akibat ada aplikasi yang error atau baru saja menginstall aplikasi yang tidak kompatibel dengan type handphone (dalam banyak kasus, setelah menginstall font changer).


Cara mengatasinya bootloop di sini saya menggunakan cara recovery mode karena cara ini cara yang paling mudah. caranya sebagai berikut :

  • Matikan handphone android sobat 
  • Tekan dan tahan tiga tombol di android sobat biasanya TOMBOL POWER TOMBOL HOME TOMBOL VOLUME DOWN ( kalau android sobat tiga tombol )
  • Jika android anda dua tombol, tekan dan tahan TOMBOL POWER DAN TOMBOL VOLUME UP (sudah saya praktekan di android saya sendiri ADVAN S5E)
  • Pilih wipe data / factory reset ( untuk pilih gunakan tombol volume ke atas / kebawah untuk yes / ok / enter gunakan tombol power )  
  • Lanjut pilih wipe chace partition ( untuk pilih gunakan tombol volume ke atas / kebawah untuk yes / ok / enter gunakan tombol power )
  • Kemudian pilih system reboot now

Semoga dengan anda membaca postingan cara mengatasi bootloop pada android ini masalah sobat sudah teratasi dan tidak galau lagi,
Jika ada yang kurang mengerti cara recovery mode android di atas bisa di tanyakan di kotak komentar.

Related Post